Advertisement Corner

Hosting Murah


Tips Membaca Laporan Keuangan

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | | 0 komentar »

Di Pasar Modal, laporan keuangan menjadi alat bantu bagi pemodal untuk sarana pengambilan keputusan dalam melakukan investasi. Oleh karena itu, laporan keuangan perusahaan publik memiliki fungsi strategis sebagai informasi yang menggambarkan kinerja perusahaan.

Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas lima bagian :
- Neraca
- Laporan Rugi Laba
- Laporan Arus Kas
- Laporan Perubahan Modal
- Catatan atas Laporan Keuangan

Yang terutama harus dicermati pemodal adalah komponen utama dalam Neraca yaitu aktiva (harta) karena komponen tersebut menggambarkan kekayaan suatu perusahaan. Berikutnya adalah komponen kewajiban yang menggambarkan posisi hutang yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan komponen terakhir adalah hak minoritas dan ekuitas (modal).

Pemodal juga penting membaca Laporan Laba Rugi. Pada bagian ini, bisa dicermati nilai penjualan bersih atau pendapatan usaha, beban penjualan, laba/rugi sebelum pajak, serta laba rugi bersih per saham.

Laporan Arus Kas memaparkan arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan. Sedangkan Laporan Perubahan Modal adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan kekayaan perusahaan selama periode pelaporan.

Catatan atas Laporan Keuangan tidak akan ditemukan dalam Laporan Keuangan yang dipublikasikan di surat kabar. Tetapi dipaparkan pada laporan keuangan lengkap hasil audit akuntan publik yang disampaikan kepada otoritas Pasar Modal atau yang dicetak oleh Emiten berupa buku Annual Report. (bL4ckC4Tz)

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator