Advertisement Corner

Hosting Murah


Cara Menginstall Windows XP Menggunakan Flashdisk

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | , | 0 komentar »

Install XPSelama ini apabila Anda ingin melakukan instalasi operating system seperti Windows XP atau Vista, maka diperlukan CD/DVD yang bersifat Bootable sehingga proses instalasi bisa berjalan dengan sendirinya. Nah, sekarang yang menjadi masalah adalah bagaimana kalau seandainya file instalasi yang dipunyai bukan dalam bentuk CD/DVD yang bersifat Bootable melainkan dalam bentuk file-file yang tersimpan didalam suatu folder. Apakah kita bisa langsung menggunakannya dengan cara “membakar” file-file tersebut menjadi sebuah CD/DVD?

Menurut beberapa artikel yang saya baca ternyata jawabannya adalah BISA, namun teknik untuk “membakar” nya agak sedikit berbeda. Dengan menggunakan program Nero versi 6.0, Anda bisa membuat CD/DVD yang bersifat Bootable dengan memilih opsi CD-ROM (Boot) yang terdapat pada tampilan sebelah kiri Nero. Akan tetapi sebelumnya Anda akan diminta untuk menyiapkan disket sebanyak 6 buah yang akan digunakan untuk menyimpan file bootingan dimana pada saat proses “pembakaran” berjalan, disket-disket tersebut akan diperlukan.

Sebenarnya ini merupakan pengalaman pribadi saya dimana beberapa hari yang lalu saya ada mendownload program sistem operasi Win XP Pro Student Edition SP3 dari suatu web blog yang secara tidak sengaja saya kunjungi. Setelah saya download semuanya, file yang masih dalam bentuk RAR tersebut saya ekstrak. Karena penasaran saya ingin mencoba untuk mengetesnya dengan menginstallnya pada komputer saya dirumah.

Saya tahu bahwa file-file tersebut tidak bisa langsung “dibakar” menjadi CD dengan Nero karena nantinya CD tersebut tidak akan bisa digunakan karena tidak bersifat Bootable. Akhirnya saya melakukan pencarian ke Mbah Google mengenai cara membuat CD/DVD yang bersifat Bootable menggunakan program Nero. Sayapun menemukan caranya seperti yang telah saya jelaskan diatas, namun saya akhirnya tidak bisa menggunakan cara tersebut karena saya tidak memiliki stok disket dalam jumlah banyak. Mau tidak mau saya mesti mencari alternatif pilihan lain yang bisa digunakan.

Alhamdulillah setelah mengobok-obok gudangnya milik Om Google, saya pun menemukan cara untuk melakukan instalasi operating sistem Windows XP tanpa menggunakan CD/DVD melainkan menggunakan flashdisk. Hmm….flashdisk ya?? Sebelumnya saya memang sempat berpikir apakah bisa menggunakan flashdisk sebagai media untuk melakukan instalasi operating sistem seperti Windows XP. Eh, ternyata bisa juga flashdisk digunakan untuk melakukan instalasi. Sip dah……

Sebenarnya artikel yang saya peroleh ini merupakan tulisan dari seorang teman blogger kita dimana dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada beliau, saya melakukan sedikit modifikasi terhadap artikel ini yang saya tulis kembali berdasarkan pengalaman yang saya lakukan sendiri dan saya menulisnya lengkap dengan tampilan screenshotnya biar lebih mudah untuk dimengerti. Ngga papa ya mas??

Kebetulan artikelnya saya tulis dalam format PDF biar temen-temen bisa mencetaknya dan langsung digunakan sebagai panduan. Untuk mendownloadnya, silahkan klik disini. (bL4ckC4Tz)

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator