Advertisement Corner

Hosting Murah


Karyawan sebagai Aset Perusahaan

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | | 0 komentar »

Karyawan bisa dikatakan sebagai aset perusahaan yang termahal. Karena menurut buku The Starbucks Experience, kunci kesuksesan berhasil tidaknya suatu perusahaan adalah kemampuan untuk membina karyawannya sehingga mereka bisa merasa memiliki. Pembinaan ini dapat dilakukan dengan memperlakukan para karyawan secara baik dan mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Selain itu, ikut berperan serta dalam menyikapi permasalahan yang sedang dihadapi oleh karyawan dengan hati bukan dengan hitungan kepentingan atau rasa paranoid yang berlebihan. Jika sebuah perusahaan tidak bisa membangun sebuah Human Relations yang baik, maka perusahaan itu diambang kehancuran. Dimulai dari tingginya perputaran karyawan yang keluar dari perusahaan termasuk orang-orang yang memiliki potensi.

Sumber daya manusia merupakan aset perusahaan, karena pada dasarnya ada dua fungsi yang melekat, yakni sebagai objek dan sebagai subjek. Sebagai objek harus ditingkatkan, sementara sebagai subjek ia harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan kinerja dan capaian perusahaan.

Talenta dan jiwa kepemimpinan dari karyawan di semua level merupakan sebuah hal yang penting untuk dikembangkan. Hal ini akan bermuara pada sebuah standar profesional bagi suatu industri sekaligus memberikan nilai dan manfaat bagi pelanggan berupa customer value, yang menempatkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan perusahaan.

Jika suatu perusahaan ingin meraih kesuksesan, tentulah tidak bisa dicapai sendiri. Sumber daya yang dimiliki merupakan faktor pendukung yang ikut menentukan kesuksesan tersebut. Sumber daya yang dimaksud adalah infrastruktur, proses bisnis, kemitraan, dan sumber daya manusia (SDM).

Beberapa perusahaan yang telah sukses dan berkembang memfokuskan pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai faktor utama di samping infrastruktur, proses bisnis, dan kemitraan dalam meningkatkan value perusahaan. Mereka memandang karyawan bukan sebagai sumber atau alat namun cenderung lebih sebagai modal.

Dikutip dari berbagai sumber

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator