Advertisement Corner

Hosting Murah


Menarik Perhatian Blogger dengan Kompetisi Blog

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | | 0 komentar »

Djarum Black Blog CompetitionDalam dunia nyata, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk menarik perhatian masyarakat agar produk yang dijualnya bisa laku di masyarakat. Memasang iklan di media cetak maupun elektronik menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan karena memang target pasar yang diharapkan juga luas. Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 jenis iklan yang akan dipasang di media cetak maupun elektronik sangat tinggi, mereka para pengusaha tidak perduli akan hal itu. Yang ada dipikiran mereka hanya satu yaitu bagaimana caranya agar produk mereka bisa terkenal dan laku di pasaran, toh biaya iklannya juga akan dibebankan ke masyarakat selaku pembeli. Bener ngga? Disadari atau tidak, harga suatu produk dipasaran itu sekitar 50%-80% nya merupakan biaya iklan produk tersebut.

Akan tetapi, saat ini ada alternatif promosi yang bisa dilakukan oleh para pengusaha untuk memasarkan produk mereka. Salah satu diantaranya adalah seperti yang dilakukan oleh pihak PT.Djarum yaitu dengan mengadakan kompetisi blog yang bertemakan "Djarum Black Blog Competition". Sebenarnya dari tema tersebut sudah dapat ditebak siapa yang akan menjadi target pasar mereka. Ya benar, target pasar mereka adalah para blogger-blogger yang ada di tanah air. Karena pada umumnya para blogger-blogger di Indonesia berasal dari anak-anak muda, diharapkan dengan adanya kompetisi blog ini dapat membuat mereka tertarik dengan produk yang mereka"selipkan" didalamnya.

Mungkin ada beberapa diantara bloggerian (sebutan untuk blogger) yang tidak sependapat dengan saya dan beranggapan bahwa kompetisi blog ini diadakan semata-mata hanya untuk bagi-bagi hadiah saja, tanpa ada maksud lain dibelakangnya. Oke, saya akan memberikan alasannya kenapa saya bisa berpendapat seperti itu. Mungkin alasan ini juga terkait dengan pelaksanaan kompetisi-kompetisi blog yang lain.

Sebagai salah satu peserta kompetisi blog ini, saya juga mengikuti aturan main yang diberikan oleh pihak panitia yaitu membuat minimal 20 artikel dimana isi artikel tersebut memuat sekurang-kurangnya 2 keyword wajib dari 13 keyword yang telah ditentukan. Adapun ke 13 keyword tersebut, antara lain :

1. Djarum Black
2. Djarum Black Slimz
3. Djarum Black Slimznation
4. Djarum Black Motodify
5. Djarum Black Night Slalom
6. Autoblackthrough
7. Autoblackthrough Goes To Campus
8. Blackinnovationawards
9. Blackinnovationawards Goes To Campus
10.Black In News
11.Black Car Community
12.Black Motor Community
13.Black Community

Jika kita perhatikan, ke 13 keyword tersebut merupakan semua bentuk produk yang dikeluarkan oleh pihak PT.Djarum. Produk yang saya maksud disini tidak hanya berupa rokok saja yang merupakan produk utama dari PT.Djarum. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan seperti Autoblackthrough Goes To Campus dan Blackinnovationawards Goes To Campus dapat disebut sebagai salah satu bentuk produk mereka. Belum lagi mereka membuat komunitas-komunitas seperti Black Community, Black Car Community, atau Black Motor Community juga dapat dibilang sebagai bentuk produk mereka dimana semua ini tidak kita temukan pada produsen-produsen produk sejenis yang lain.

Nah, dari penjelasan diatas dapat ditarik satu kesimpulan apa yang menjadi faktor utama pihak PT.Djarum mengadakan kompetisi blog ini yaitu ingin memasarkan produk-produk yang mereka miliki. Lumayan kan jika dihitung-hitung untuk satu peserta blogger aja diwajibkan membuat 20 artikel dengan masing-masing artikel memiliki 2 keyword, berarti total keyword yang digunakan adalah sekitar 40 keyword. Sekarang kalau diasumsikan jumlah peserta kompetisi blog ini mencapai 500 orang, maka jumlah keyword yang akan terkumpul sekitar 20 ribu keyword.

Selain itu, artikel-artikel yang dibuat juga harus memiliki keterkaitan dengan keyword-keyword yang dimasukkan. Ya ngga mesti terkait-kait amat sih, yang penting nyerempet sedikit aja dengan keyword yang dimasukkan juga g masalah. Otomatis dengan begitu, para peserta kompetisi blog ini akan mencari-cari sumber inspirasinya ke Mbah Google sebagai penuntun jalan yang akan membawa mereka menemukan apa yang mereka cari. Dengan mencari sumber inspirasi tersebut, secara tidak langsung mereka akan mengarah kepada berita-berita yang berkaitan dengan keyword yang mereka cari karena mereka pasti akan membaca beritanya sehingga mereka tahu dan kenal dengan maksud dari keyword tersebut.

Sumber : Dwi Wahyudi, SE

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator