Advertisement Corner

Hosting Murah


Review Event Akbar Gawai Blogger 2009 di Kalimantan Barat

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | , | 7 komentar »

Gawai Blogger 2009Dua hari lalu, tepatnya hari senin tanggal 22 Juni 2009, diadakan suatu event terbesar yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Borneo Blogger Community (BBC) yaitu Gawai Blogger 2009. Event Gawai Blogger 2009 yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Tanjungpura ini terlaksana berkat kerjasama antara Borneo Blogger Community (BBC) dengan WWF Indonesia, Telkom Speedy, RUAI TV, dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan mengambil tema "Blogging for the Earth", event ini mengangkat tema mengenai peranan blog dan para blogger dalam mengembangkan kepariwisataan di Kalimantan Barat dengan menjaga lingkungan hidup yang ada di objek-objek wisata yang ada di Kalimantan Barat. Event ini dibuka oleh Bapak Paryadi selaku Wakil Walikota Pontianak dan dihadiri oleh Bapak Kamaruzzaman selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Bang Alexander Mering selaku Panitia Gawai Blogger 2009, dan salah satu perwakilan dari WWF Indonesia.

Acara pertama diisi dengan talkshow yang membahas tentang Indonesia Visit 2010 dan Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup Disekitar Kita. Pada talkshow yang dipandu oleh Bang Alexander Mering ini, masalah yang dibahas adalah mengenai keadaan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Kalimantan Barat yaitu Danau Sentarum yang saat ini terus mengalami penurunan kualitas lingkungan dimana hal ini diakibatkan oleh maraknya perusahaan-perusahaan yang membuka lahan sawit tanpa memperdulikan lingkungan sekitarnya.

Gawai Blogger 2009
Untuk sesi berikutnya, diisi dengan pembacaan para pemenang lomba yang diadakan oleh Borneo Blogger Community (BBC) dimana setelah melewati sistem penjurian yang cukup alot, diperoleh tiga nama pemenang yaitu :

1. Alex L.Setiawan
2. Muhammad Irhamna
3. Yauma Yulida

Ketiga pemenang diatas dipilih menjadi pemenang karena tulisan diblognya memiliki makna dan keterkaitan dengan tema yang diambil kali ini yaitu "Blogging for the Earth".

Acara sempat dihentikan sejenak karena telah memasuki waktu Maghrib sehingga peserta diberikan waktu untuk melaksanakan ibadah sholat Maghrib sekaligus Makan Malam. Setelah melaksanakan ibadah sholat Maghrib, saya langsung mengambil jatah makanan yang saya perhatikan rupanya semua makanan tersebut berasal dari kateringnya Delicia Cafe miliknya Mbak Louise Wulandari. Ternyata ngga salah panitia Gawai Blogger 2009 memilih kateringnya Mbak Louise karena rasa makanannya enak banget (bukan bermaksud promosi ya, itu kenyataannya lho).

Nah, waktu telah menunjukkan pukul 19.00 WIB dimana acara spesialnya baru akan dimulai. Kenapa saya bilang acara ini spesial?? Ya karena pada acara ini akan dihadiri oleh dua tokoh yang cukup terkenal di dalam dunia maya yaitu : Mas Cosa Aranda (Full Online Marketer Indonesia) dan Bapak Nukman Luthfie (CEO Virtual, Konsultan Online Terkenal di Indonesia, dan Founder Detik.com). Selain kedua tokoh tersebut, juga turut hadir Mbak Louise Wulandari (Pengusaha Online Pertama di Kalimantan Barat) dan Mas Eddy Setyawan (Online Marketer Kalimantan Barat) yang pada saat itu mendapat tugas penting sebagai pemandu acara.

Gawai Blogger 2009
Merupakan satu pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena untuk pertama kalinya saya bisa bertemu langsung dengan tokoh-tokoh hebat tersebut yang menurut saya merupakan Master-nya dunia maya. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak berkecimpung di dalam dunia maya, nama tokoh-tokoh tersebut sama sekali tidak pernah terdengar di telinga mereka. Namun bagi saya dan para blogger-blogger lain, mereka adalah artisnya dunia maya. Siapa sih yang ngga kenal ama Mas Cosa Aranda yang memiliki penghasilan terbesar dari blognya dimana sampai saat ini jumlah kunjungan di blognya telah mencapai 20 ribu orang. Sedangkan untuk Bapak Nukman Luthfie, beliau merupakan Founder dari Detik.com dan sampai saat ini beliau tekun untuk menggeluti Corporate Business Consultant Online. Dan Mbak Louise sendiri, seorang ibu rumah tangga yang mengendalikan semua usahanya cukup dari rumah secara online.

Pada talkshow ini, masing-masing dari mereka saling berbagi ilmu dan pengalaman mengenai kisah perjalanan sukses mereka yang selama ini mereka raih melalui dunia maya. Sungguh ilmu yang saya peroleh dengan mengikuti Event Gawai Blogger 2009 bertambah setelah mengikuti talkshow ini. Disaat keadaan ekonomi sangat susah sekarang ini, masih ada peluang untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan dari sumber lain yaitu Dunia Maya. Sekarang tergantung dari masing-masing pribadi bagaimana memanfaatkan kesempatan tersebut menjadi satu peluang yang tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya akan menjadi bidang pekerjaan baru.

Jika ditarik satu kesimpulan, Event Gawai Blogger 2009 ini bisa dibilang sukses karena bisa mendatangkan pembicara-pembicara yang cukup terkenal di Indonesia dimana ilmu dan manfaat yang bisa diperoleh dari event ini sangat besar. Hanya saja sangat disayangkan ketika panitia menyediakan jumlah kursi yang sangat banyak bagi peserta, justru peserta yang datang hanya sekitar 30% dari jumlah kursi yang tersedia. Ya mau dikata apalagi, itulah fenomena yang terjadi saat ini. Masih banyak para generasi muda kita sekarang yang masih belum sadar mengenai pentingnya untuk mengembangkan keterampilan diri selain dari sekolah sebagai institusi formal. Jangankan bayar, sedangkan yang gratis aja mereka pada malas untuk mengikutinya. Padahal manfaat yang akan mereka peroleh akan mereka rasakan sendiri nantinya.

Akan tetapi, untuk mencapai suatu tujuan memang diperlukan proses yang memakan waktu yang tidak sebentar. Selama kita tetap konsisten dan pantang menyerah, Insya Allah tujuan yang kita harapkan akan tercapai. Mungkin waktu yang dibutuhkan bisa sehari, sebulan, setahun, sepuluh tahun, selama kita tetap fokus maka semuanya akan tercapai. Aminn...

Bagi para panitia Event Gawai Blogger 2009, saya ucapkan selamat dan tetap semangat Borneo Blogger Community (BBC). Keep spirit for blogging.......
Sampai ketemu di Event Gawai Blogger 2010 nanti, Insya Allah.

Sumber : Dwi Wahyudi

Bookmark and Share

7 komentar

  1. artiirhamna // 24 Juni 2009 13.09  

    Semangat2...
    acara ini harus diadakan tiap tahun nih!!
    Semoga event besar ini akan menjadikan Blogger Kal-Bar menjadi ramai...
    Selamat Untuk Para Pemenang Juara I dan III, (enggak mungkin kan klu kasih selamat buat diri sendiri, heheheh....)

  2. Alex L. Setiawan // 24 Juni 2009 13.31  

    Salam kenal juga bang Yudi ..
    Blogging dan Bloger memang tidak bisa dipisahkan, mudah-mudahan kita bisa mengikuti jejak Mas Cosa Aranda, sukses selalu Blogger's Pontianak.

    Selamat kepada Juara II dan III (enggak mungkin kan klu kasih selamat buat diri sendiri, hehehhe ..Muhammad Irhamna)

  3. NURA // 24 Juni 2009 13.45  

    salam sobat,,wah enak ya di KALBAR,,,saya ingin ikut jalan2nya ke sana ,,menyenangkan perjalanannya.

  4. Yauma Yulida H. // 24 Juni 2009 16.14  

    Ih...ketinggalan berkunjung ke sini..hehe, juara satu dua dah pada mantengin duluan..Selamat buat keduanya..hehe,
    Buat mas Yudi, aku menyesal tak makan katering Mbak Luise..ku tak tahu kalo dikasih makan..kami sudah makan di YUsra jadi kekenyangan..:>

  5. cosa // 25 Juni 2009 07.46  

    terima kasih atas undangannya di acara gawai blogger borneo 2009. I have a very great time in pontianak :) maju terus blogger (dan publisher) borneo!

  6. Wildan Arief // 6 Juli 2009 07.48  

    salam kenal yah..
    wiih keren pengen ikutan sih tapi nyadar solo-pontianak tu berjarak.. hehe...

  7. aank budi santoso // 1 Juli 2012 02.16  

    akbar tahun 2012 kapan ya

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator