Advertisement Corner

Hosting Murah


Akuntansi, Kondisi Umum Kondisi Kini

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | | 0 komentar »

AkuntansiAkuntansi, nama yang umum dikenal berbagai pihak yang terlibat dalam perusahaan, merupakan salah satu cabang ilmu yang senantiasa up to date perkembangannya baik dari sisi teori maupun dari sisi prakteknya, karenanya pembahasan mengenai seni pelaporan keuangan ini senantiasa menarik untuk disimak karena eksistensinya paralel dengan ruang lingkup bisnis yang senantiasa ada.

Adanya tuntutan yang senantiasa timbul karena kebutuhan untuk menyesuaikan dengan lingkungan bisnis yang berobah-obah, mendorong para ahli untuk mengikuti perkembangannya dengan senantiasa membuat perobahan-perobahan yang konstruktif. Sebagai contoh kita mengenal konsep-konsep didalam konten PSAK yang terus mengalami perobahan sejalan dengan tuntutan dunia bisnis yang terus berkembang, terakhir adalah fasilitasi prinsip standard untuk bisnis syariah yang mulai marak di tanah air.

Dalam dunia praktek, banyak istilah-istilah baru seiring dengan beragam jenis lini usaha yang tumbuh untuk memenuhi kebutuhan customer yang agresif. Apabila tahun-tahun sebelumnya kita hanya mengenal produsen dengan konsumen dalam kaitan demand dan supply atas suatu produk, maka kini kita sudah terbiasa melihat aktivitas unit bisnis keuangan dengan berbagai model derIvatifnya. Tak luput untuk disebut juga adalah penggunaan software yang customized pada tiap-tiap perusahaan yang mempengaruhi aktivitas akuntansi masing-masing department pada berbagai tingkat dan jenis usaha.

Urgensinya akunting karena ia memberikan gambaran finansial dan operasional suatu usaha yang terekam secara historis dari awal dibentuknya perusahaan hingga gambaran yang mutakhir yang mencerminkan performa kinerja manajemen. Penting untuk dipahami juga adalah gambar tersebut harus bisa dipahami oleh penggunanya dan pengguna juga mesti memiliki dalam tingkat yang minimum pengetahuan bagaimana cara menerjemahkan gambar tersebut untuk menjadi pedoman kebijaksanaan perusahaan dihari esok dan dalam jangka yang panjang untuk strategi bersaing dimasa yang akan datang.

Akunting sebagai output pelaporan dengan berbagai varian laporan keuangannya, karenanya memerlukan pihak eksternal yang mempunyai keahlian, bebas dan tidak terikat untuk menguji dan memberikan opini apakah laporan keuangan perusahaan telah dibuat sesuai dengan standard yang berlaku dan opini tingkat kualifikasi dari laporan keuangan perusahaan tersebut.

Kesimpulannya adalah akunting secara teori maupun prakteknya akan senantiasa bergerak dinamis mengikuti arus zaman karena unsur manusia sebagai perilaku dengan berbagai latar belakang orientasinya, ragam jenis usaha baru yang bermunculan yang memerlukan standard baru dan aspek kepentingan pemerintah sebagai fasilitator dan regulator yang harus bersinergi dengan kepentingan umum.

Sumber : Muntaufik

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator