Accountancy is My Life


Advertisement Corner

Hosting Murah


Cara Mengganti Domain CO.CC di Blogger

Diposting oleh Dwi Wahyudi | | | 0 komentar »

Mengganti Domain Co.CcKali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai bagaimana caranya untuk berpindah domain dari blogspot.com menjadi co.cc seperti yang telah saya terapkan pada blog saya. Pada awalnya nama blog saya adalah http://yudi-akuntan.blogspot.com, karena menurut saya nama tersebut terlalu panjang maka saat ini nama blog saya telah saya ganti menjadi http://www.yudi-akuntan.co.cc. Sebenarnya salah satu tujuan saya mengganti nama domain tersebut adalah agar biar bisa terkesan profesional, selain itu para pengunjung juga bisa lebih mudah mengingat nama blog kita sehingga untuk kedepannya mereka bisa lebih mudah untuk mengunjungi blog kita.

Salah satu alasan kenapa saya menggunakan domain berbasis co.cc adalah karena domain ini sifatnya gratis dan juga untuk proses implementasinya, domain ini sangat mudah digunakan oleh para blogger pemula. Saya yakin diantara teman-teman pasti ada yang memiliki keinginan untuk mengganti domainnya, oleh karena itu di blog ini saya akan memberikan langkah-langkah yang mesti dilakukan. Ada dua tahap yang mesti dilakukan, yaitu :

Tahap Pertama - Membuat Domain CO.CC

1. Kunjungi situs www.co.cc
2. Ketikkan nama domain yang diinginkan kemudian klik tombol Check availability.

3. Jika nama domain yang kita inginkan tersedia, maka keterangan yang akan muncul adalah www.yudi-akuntan.co.cc is available. Klik Continue to registration untuk melanjutkan.

4. Klik Create an account now jika kita merupakan pengguna baru, karena kebetulan saya telah memiliki account disini maka saya tinggal mengisi Username (Email), Password, dan Word Verification kemudian klik Sign in.

Keterangan : Untuk pengguna baru diperlukan waktu sekitar 1-2 hari untuk memperoleh aktivasi yang akan dikirimkan via email.

5. Lakukan setup untuk domain yang telah diregister dengan mengklik tombol Set up.

6. Pada tampilan Manage Domain, klik Please domain setup now.

6. Terdapat 3 pilihan setup yaitu : Manage DNS, Zone Records, dan URL Forwarding. Pilih opsi Zone Records dan isikan form setingannya sesuai gambar dibawah ini. Klik Set up.

7. Sampai disini proses setingan domain telah selesai. Sekarang kita berpindah ke tahap berikutnya yaitu melakukan setingan domain di Blogger.


Tahap Kedua - Mengatur Setingan Domain di Blogger

1. Log in ke www.blogger.com.
2. Pilih tab menu Pengaturan - Publikasikan kemudian klik pilihan Domain Kustom.

3. Blogger menyediakan fasilitas penggunaan domain dengan sistem bayar jika penggunanya ingin menggunakan domain .com, .org, dan lain-lain. Karena kita telah membuat domain sebelumnya, klik pilihan Beralihlah ke pengaturan lanjut.

4. Isikan nama Domain Anda sesuai dengan nama domain yang telah kita buat sebelumnya. Untuk setingan lain biarkan default, ketik kata yang diverifikasi kemudian klik SIMPAN SETELAN.

5. Nama domain yang baru telah siap digunakan.

6. Sekarang kita tes nama domain tersebut.

Keterangan : Bagi para blogger tidak perlu kuatir untuk kehilangan traffic jika nama domainnya diganti karena Blogger akan tetap mengarahkan nama domain blogspot.com kita ke nama domain yang baru.

Sumber : Dwi Wahyudi, SE

Bookmark and Share

0 komentar

Posting Komentar

Send Message

Your Location

Powered by IP Address Locator